Traditional Acehness’s Wedding Cake

Not Tart…

Not Brownies

Neither Crocombouche…But ..

This…

Image

This special one named Dodol or Dodoi in Acehnese pronounciation..

This is made of flour and sugar, it tested quite sweet..

Difficult to cook, need extra energy to mix them all together till perfectly

This kind  is decorated when you send to bridegroom..(^O^)

Image

This is Wajik..

Wajik rice, sugar, and pineaples combined and cook with mixing together in pan..

The tested really sweet till make ur tooth painful…O__O

Both are bitter sweet, Acehnese love sweet food very much, that’s why insidence of Diabetes Mellitus increasingly…Bad Habbit..

 

 

 

Berhenti Sejenak di Persimpangan

Untuk cinta, jika ia menganggapku cinta..

Demi rindu jika ia bisik pada hatinya ia masih rindu..

 

Semoga ini bukan karena kecewa

Apalagi putus asa

Semula begitu menyukainya

Menulis cerita romantis bak Cinderella

Sedikit terpana dengan Harlequin

Tapi, semua poison bagi jiwa mati sepertiku

Aku mulai berpaling,,,bukan membencinya..

Hanya menganggap itu kesia-siaan

Ini bukan putus asa, sungguh!

 

Image

                Aku tak mau lelah untuk itu. Bukan karena masih mengharap. Hanya aku tak suka menyebutnya menyerah. Itu terlalu kerdil bagiku. Aku akan terus berdiri menantang gelombang itu,. Walau aku terhempas berkali-kali. Tetap saja aku harus berdiri. Demi asaku. Demi jiwaku.

                Sekarang jam 9 malam. Aku mendinginkan hatiku di sudut ruang kamar kecil itu. Mataku berkedip beberapa kali, menahan air mata yang akan jatuh. Namun, buru2 kusapu. Aku terlalu takut, ya sangat takut orang lain melihat air mataku. Aku harus terlihat tegar, sekokoh karang.

                Mereka tak tahu bagaimana aku hidup, lalu bertahan. Begitu ketika sebaliknya. Lalu aku tak mau menerka. Bagiku mudah bagi mereka tidak. Begitu ketika sebaliknya. Jangan biarkan pikiran racun ini mengaliri tiap pembuluh darahku. Sudah cukup.

 

Image

 

Antara Mimpi dan Bukan Mimpi

Aku tak pernah tahu ini nightmare. Bagaimana aku tahu jika saat itu aku bahkan tak bisa berkata banyak

Tak lebih atau mungkin kurang 1000 kata yang kupunya untuk bicara. Aku masih sangat kecil kala itu

Senja belum tua…

Pagi belum renta…

Dan aku masih ingin tahu dan lebih tahu. Permainan itu menghanyutkan segala khayal. Membungkusku dalam kesenangan yang tak berperi. Aku bertanya ibu apa yang harus kulakukanApa yang dapat kau lakukan lakukanlah. Bukan karena tak perduli—tapi rasa percayanya yang sangat besar padaku..

Maka aku bermain lagi. Aku pulang dengan rasa penat karena lelahku…

 

Image

 

Bagi Mereka Aku Piala

Semua bertanya, apa nafasku lebih baik

Paru-paruku cukup kah menghirup udara hari itu

Jangan sampai aku sesak..

Jangan sampai aku sakit..

Semakin kutahu, kecintaan itu, semakin aku bungkam bagaimana ku jaga

Aku tak cukup kuat, aku tak cukup tempat

Untu melindungi itu semua, sebab nilainya terlalu mahal dan aku bukan gatekeeper yang baik bahkan sperti Huggrid…

 

 

 Image

Tolong doakan aku cinta..

Tolong doakan aku ayah..

Tolong doakan aku ibu..

Dan juga semua..doakan aku semua

untuk terus berlari, mencari yang pasti, mencari hati dan jiwaku..

Image

 

 

 

 

 

Dinasti Joseon–Is climbing the leaf (Sedang Naik Daun @__@)

Feigoong Mama!!!

Iye, Jeon Ha!

(Akrabkan dengan sebutan ini….)

Siapa yang mau ke dinasti Joseon???

Dinasti Joseon, Chosun, Choseon memang sedang IN di pencinta drama korea, luar biasa pengaruh film korea, terhadap perkembangan kebudayaan Korea…

Kenapa Dinasti Joseon…

Karena ini merupakan dinasti yang terakhir…

Dinasti Joseon penganut konfusiusme, yang diterapkan pada masyarakatnya pada saat itu…

Sekarang kita sangat mengenal dengan nama ini, Di Sunkyunkwan Scandal, di Queen in Hyun’ Man, dan Rooftop Prince pastinya…

Lagi2 saya takjub dengan kemampuan negeri gingseng ini, mempromosikan budaya, bahkan hingga pencarian terhadap Dinasti Josean di google search meningkat drastis…

Image

Dinasti Joseon, digambarkan sangat indah…Era Joseon dalam drama Sunkyunkwan Scandal membuat kita ingin jatuh dan berada di sana, bisa menjadi sarjan sunkyunkwan…

Dinasti Joseon dalam RTP sangat adorable..bagaimana keindahan kerajaan dan pasar tradisional yang liar tapi cukup manusiawi…

Bravo!!!

Dibalik ketertarikan dan rasa penasaran saya terhadap Joseon, saya mewarning diri sendiri..bagaimana pun takut Ghawzul fikri jugaa…:D

Dinasti Joseon yang menyihirku istana Gyeongbok, yang dalam film RTP asik disebut2 aja tuh…Padahal kalo diliat biasa aja, kaya beberapa tempat wisata disini, malah bagusan lagi…Tapi menang di nama, dan kolam Bu Yong itu…Sekali lagi Dinasti Joseon—Sedang naik daun…

 

 

Selera dalam rating K-Drama…

Ah, Karena manusia itu berbeda…Dan perbedaan membuatnya berwarna..

Tiga drama yang bersaing ketat dalam beberapa waktu ini, adalah Rooftop Prince (RTP), The King 2 heart (TK2H), dan Equator Man (EM)…Dan pemenangnya adalah…rating tertinggi adalah…RTP…

(Plok–Plok–Tepuk tangan kegirangan–Claping my hand delightfully)

Cause i am the biggest fans of RTP, i am the happy one for rating.

Apalagi RTP jadi the top rank di Taiwan..

Lalu mulai lah saya semakin gila berat dengan drama ini, kemudian melancarkan segala jurus untuk persuated all my fanatic k-drama friends nonton RTP ini…

Dan ternyata manusia itu berbeda..Berbeda selera karena itu begitu subjektif…

“Ah masih belum ada yang ngalahin Dae Woong”

Saya pun mencak, enak aja, lagi, itu masalah SE-LE-RA (Aksen Raja Dangdut–wajib)…

Oke Dae Wong milik loe, Tae Yong gue yang punya, Deal kan? Deal….! Sorak kami..

 

Ah, Karena manusia itu berbeda…Dan perbedaan membuatnya berwarna..

Ini dia masalahnya, ketika membimbing seorang untuk menonton apa yang menurutku bagus..Bimbinganku kacau saat nggak ada niat dari yang dibimbing..

Kalo dari pertama udah nggak niat–setengah hati–bisa dipastika memang dia nggak suka–dan percuma untuk menyatukan dua selera yang berbeda–nggak akan ketemu titik temunya..

Menurutku RTP the best, berkesan buatku yang udah nonton beberapa Korea berakhir kecewa akhir2 ini, hingga dengan segala daya upaya–berusaha mendapatkan Korea tahun 2005 ke bawah–menurutku keluaran tuek2 bagus–susah dapetnya–karena saya sih nggak pernah donlot film…

Kalo suka nyari kaset sampe ketemu…Tapi untuk drama tahun zaman, ampuun ampuun kata yang jaga outlet…

 

Ah, Karena manusia itu berbeda…Dan perbedaan membuatnya berwarna..

Pada akhirnya aku tahu itu memang lumrah, jangan ngotot–percuma.

Cara pandang, yang tak sama ini, membuat kita kadang sulit untuk berbagi chemistry dengan yang lain. Apa yang bagus menurut saya belum tentu kamu juga iya…

Jadi saya nggak akan maksa, bilang ini bagus, ini nggak…

Lee Gak/ Tae Yong—Yoochun is Mine..

So, Dae Woong–Seung Gi is yours…

Wokkeh…Wokkeh..Wokkeh..(Devil eye….0O_____O0)

ImageVSImage

 

 

 

Chest Pain—am I going to die???

I was there. Stood up and watched him surprisingly. He was the first western people came to had medicine

there.

I was the one talked to him. He liked my kindness, he said. The conversation run, he spoke me too much.

By the story I knew, he was an Australian. But loved my country very much cause he has been there more than ten years.

People here was very friendly, he claimed. I agreed him and smiled as always.

He wanted to know the disease he suffered from. AFN, I said. What’s that? He told that knew he had Heart

disease, but heard never.

Atriofibrilasinormorespon. Which is the wave was abnormal. My explanation. He smiled because he fell no pain at that time.

I was back to home. Another day, I came but I didn’t find him. He was dead. Death took him back, and God must waited him. I was so sad, but nothing I could do.

He asked for morphine, my friend said. But it didn’t work well. Why? I wondered.

He had alcohol when he was young and now it didn’t work. OMG. May God Bless him cause he had did the best the day before.

He cried when he was in chest pain. Pity saw him. His wife accompanied  all day, but God love him the most.

 

***

Image (Heart disease related to Vascular disfunction)

Image

(Pump blood to entire body)

Image (In order systole and dyastole–who only can do that?)

I have chest pain too, but on my back. Near vertebrae. I am afraid something wrong with my heart. Have I genetical heart disease. Or congenital?

Oh no, Anxiously of. Pray for me all, Nothing happen to me. I am right. I am health. Worried.

 

Beautiful–Turkey cover head

Veil and cover head known time to time at muslimah’s fashion. Not only black color but also variety motif and pattern. People asked for some creation each day. Thats beautiful wearing and being a mode.

All fashions make unusual and incredible. Increase with their own demand.They looked beauty and comfortable for some.

Turkish has special way make it pretty face used it. Cause oval captured and pointed nose perfectly. Like me..Hehehe

Each country has different way style. But all of the best. Since Uni Emirat Arab woman wear big one and dark.  Tukish in colorful.

Image (Perfect Blackishwhite)Image

Indonesian and southeat almost Turkish, but has another kind of.

Image (innocent on green)Image (like a doll)

Image (Casual Look)

Image (Sofly blue–far from beastly)

changing everytime like Pashmina, Ciput Ninja, Pelangi, and so on…

Salty–my new movie–changing Salt–Angie

Sepertinya saya sudah sangat lihai dan ahli dalam memasak, mulai dari tumis, goreng bumbu crunchy, masak bersantan, dan macam lainnya, saya sudah bisa melakukannya..well done…

Tapi ada satu masalah yang mudah tetapi sulit..(maksudddd???)

Ya ini, seperti teka-teki Lee Gak untuk Bu Yong dalam Rooftop Prince, Apa yang hidup tetapi mati, dan yang mati tetapi hidup?Jawabannya Bu Yong atau Bak Ha atau teratai..

(Sai–ya pun ndak ngerti teka-teki ini, apa konteksnya dan hasilnya nggak jelas…pertanyaan dan jawaban LOL)

Itu hanya identik dengan pernyataanku sebelumnya….maslah mudah tapi sulit..

Maka sama kacaunya dangan hasil analisa Bu Yong jawabanku adalah SALT..

Salt is garam in English kan..^O^

Ini bukan movienya Angelina Jolie, bukan banget..Ini salt yang sebenarnya…

Satu mitos yang bilang kalo makanan keasinan, udah minta merit…Tapi saya makanan selalu kurang garamnya alias tawar, apa udah belon pengin merit aja…

Seratus persen salah..

Because i am exteremely want to marry someone…yang masih di antah berantah…Huhuhu (Cried crazy loudly)

Nyanyi dlu sbentar sebelum lanjutin ngebahas GARAM…

Take me to your heart

Take me to your soul..

Take me to you, before i am old…Tragisss…

 

Garam…

dan entah mengapa saya belum menguasai garam sepenuhnya, saya nggak bisa menaklukkan garam..

Dia terlalu wildly..

Aku bisa menakar jumlah onion, garlic, dan chili untuk suatu masakan, tapi terkendala di menabuh garam dalam masakanku..

Padahal sebelum masakan benar2 matang, sudah diicip–oke perfectly tested, begitu iya turun dari singgasananya yang bernama kompor…maka ia akan terasa hambar…

Garam di laut, asam di gunung bertemu di kuali…

Hahay, kalo jodoh nggak kemana, begitu kata neli–nenek lincah–itu padaku..

Aku pun tertawa akhirnya…bisa aja nih si nenek…

 

 

 

Diabetes Mellitus Pilih Kasih Sama Organ-di

 

Pengin tahu kenapa kelebihan gula darah bisa akibatkan DM, dan apa salahnya jika tubuh kelebihan gula darah. Ada apa dengan glukosa.

Aku paling suka menganalisa suatu penyakit tapi dengan penjelasan yang lebih rinci, karena jika tulisannya berat jangankan orang awan yang bergelut dengan materi seperti itu sehari-hari pun bisa tenggeng en puyeng…

Jadi apa masalah dari DM itu sendiri. Kok bisa pasien DM itu luka di jempol kaki, tangan, kaki lagi..terus diamputasi, lukanya nambah lagi, kali ini malah nyebar..Kok bisa itu..

Diabetes seperti kamu tahu yaitu gula darah lebih dari 110 mg/dl saat puasa, artinya puasa  nggak konsumsi makanan dalam waktu  sekitar 8 jam lah. Nah kalo lagi makan gulanya nggak lebih dari 150 mg/dl. Cara tahu berapa gula darah, cek pake glukotest atau aqucheck.

Diabetes itu sendiri ada 2 macam, ada DM tipe 1 (Tergantung insulin) dan DM Tipe 2 (Non Insulin).

Kita nggak akan bahas apa DM tipe 1 dan DM tipe 2 berat. Yang pasti insulin itu adalah hormone yang dihasilkan pancreas di sel betha pulau langerhans untuk mengubah gula darah jadi gula otot. Glukosa jadi glikogen.

Sebenarnya, jadi mikirkan emangnya kalau banyak makan manis2 bahaya ya, tubuh nggak suka yang manis ya. Emang gula bahaya bagi tubuh.

ITU SALAH.

Jadi saat gula masuk (Dari minuman manis, nasi, makanan manis) itu akan beredar dalam darah glukosanya. Si darah ini mau ngirim glukosanya ke sel badan . Sel badan perlu gula untuk makan juga. Kalau nggak makan kan mati.

Yang bisa ngirim glukosa dari darah ke sel badan siapa? Insulin ini. Tapi pada orang DM insulinnya nggak cukup atau kalau ada nggak bisa kerja maksimal. Jadi gula numpuk dalam darah. Smentara sel badan kekurangan gula, nggak makan jadinya mati.

Selnya mati jadi nekrosis. Nekrosis itu kulit hitam, berkerak, putih, kering, lembek, ujung2nya lepas dari anggota badan. Makanya jari kaki, jari tangan, kaki dan tangan pasien DM biasanya luka.

Image

Nanya lagi kan kenapa yang luka atau membusuk itu bagian2 itu.

Image

Namanya daerah perifer (daerah ujung/pinggiran) kan sering diabaikan. Ada makanan “ah yang ujung ntar2 aja deh.” Jadilah mereka anak tiri yang harus dikorbankan. How bad??? (Ketok2 kepala sendiri^^)

Bekas Gigitan Nyamuk Gatal, kenapa?

Tanda-tangan dan mulut nyamuk yang bikin gatal dan merah………..

Nyamuk….Ggrrrrrrr….Beneran bikin keseeeeeeeelllll…

Nggak nanggung2 kulit dibuat bentol2 5 lokasi sekaligus, ini sangat sangat engga menyenangkan tuk diliat, dan dirasa..

Sudah merah dan gatal lagi…

Aku juga heran entah kenapa bekas gigitan serangga ini mulanya kecil terus merah meluas lalu keras, gatal bukan duper super berakhir dengan menghitam.

Entah bagaimana bisa jadi hitam, adakah ini tanda-tanda diabet..OMG harusnya Jangaaaan…dong…Please…

Memang saat nyamuk-nyamuk nakal menusuk probosisnya ke kulit dia tanpa ijin telah menyemprotkan air liur ke pembuluh darah kita. Kaya kita juga air liur berguna untuk mempercepat proses mastikasi atau mengunyah, nah si eneng nyamuk ini untuk mempercepat penyedotan darah dalam lambungnya.

Lalu apa yang terjadi kalo air ludahnya udah masuk ke kulit. Itu kan benda asing maka antibody pun harus bertindak. “Oke.” Katanya. “Kirim sel darah putih ke daerah musuh.” Naman daerahnya Inflamasi.  Makanya tentara2 putih itu pun menuju daerah sasaran. “Aku ikut dong.” Kata histamine. “Ngapain kamu, mau ganggu ntar?” Tapi histamine ngotot, “Aku mau bantu, ntar cepet beresnya kalo ada aku. Emang sih ntar bikin panas dan gatal, ada aku jadi alergi. Tapi mau bagaimana udah ada musuhnya.” Maka histamine pun dikeluarkan lebih banyak (meningkat) sehingga gatal karena ada alergennya.

So, cara ngilangin bentolnya gimana?

  • Kompres air hangat, vasodilator, melebarkan pembuluh darah, membuat proses inflamasi lebih cepat siap.
  • Tempelkan plester lalu tarik, ini menarik sisa air liur tadi.
  • Rendam daun pepaya dan air, mengandung papain yang dapat mengurangi gatal.
  • Jangan digaruk, tambah iritasi dan gatalnya pun gak berkurang.

 

Spertinya nyamuk hobi banget ngeludahin manusia, miris dengan moral mereka yang semakin merosot. Sikap nyamuk yang nggak sopan santun sama manusia, ck ck ck oh nyamuk kapan kamu bakal insaf…Don’t bite me anymore, I beg you…

Image